.::Selamat Datang di HRD Blog::. .::Welcome to HRD Blog::. .::Semoga blog ini dapat membantu anda::. .::I hope this blog can help you::.

Senin, 25 Agustus 2014

Sistem Informasi Pariwisata dalam Hal Reservasi Travel Online

Salam Hangat Sahabat blogger.com

Pada kesempatan kali ini, saya akan sedikit berbagi ilmu tentang perancangan sistem informasi pariwisata khususnya dalam hal reservasi travel online. Berikut sedikit kutipan dari tugas yang telah saya kerjakan.

Di zaman modern seperti sekarang, dalam dunia pariwisata tidaklah cukup hanya mengandalkan promosi di dunia nyata saja, namun dalam dunia mayapun harus ikut serta agar tidak tertinggal oleh perkembangan zaman. Untuk itu kemajuan teknologi haruslah dimanfaatkan dengan sebaik mungkin sebagai penunjang majunya dunia pariwaisata dalam era modernisasi seperti saat ini. Sebagai salah satu contohnya, yaitu pembuatan promosi maupun menawarkan jasa perjalanan online dalam internet dengan cara membuat web service oleh masing - masing penawar jasa perjalanan. Dalam pembuatan web service travel diperlukan sistem reservasi travel sebagai acuan dasar agar web yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan.


Sistem reservasi travel online merupakan sebuah sarana online yang memudahkan masyarakat untuk melakukan pemesanan tiket atau booking transportasi umum, seperti booking bus travel online. Masyarakat tidak harus repot datang terlebih dahulu ke pangkalan bus yang dituju untuk membooking bus.  
Dalam pembuatan web service, sistem reservasi harus dibuat sesuai dengan aslinya. Artinya, dalam perancangan sistem tersebut haruslah sama percis atau mirip dengan pelayanan yang diberikan di dunia nyata. Agar layak digunakan, reservasi travel ini memiliki beberapa prosedur antara lain :
  • Pengunjung atau tamu (user) berkunjung ke dalam web yang telah dibuat.
  • Setelah berkunjung, user dapat melihat informasi dan melakukan booking bus. 
  • Setelah selesai melakukan semua prosedur booking, user dapat mengkorfimasi dan melakukan  pembayaran melalui rekening yang disediakan pihak admin bus travel. 
  • Setelah transfer, user akan melakukan konfirmasi kembali untuk mendapatkan bukti pembayaran dari pihak admin bus travel yang akan dikirimkan via email.
  • Setelah semua proses transaksi selesai, pihak user bisa datang langsung ke armada bus untuk menunjukkan bukti pembayaran yang dikirimkan melalui email.
  • Jika data yang diberikan oleh user sudah valid, maka pihak armada bus akan menyiapkan bus sesuai dengan ketentuan jumlah minimal penumpang dan akan mengelompokkan user sesuai dengan tujuannya. 

      Di atas tadi adalah sedikit kutipan dari tugas saya yang membahas tentang perancangan sistem informasi pariwisata. Untuk lebih lengkapnya, sobat blogger.com bisa download link berikut : 


    Sekian dari kutipan tugas saya, semoga bisa bermanfaat bagi sahabat blogger.com

                                                      

Terima Kasih Atas Kunjungan Anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar